DESA BUDAYA PAMPANG

    Hari ini Desa Budaya Pampang telah berubah statusnya menjadi Kelurahan Budaya Pampang, setelah diterbitkannya  Peraturan Daerah Kota Samarinda no 6 Tahun 2014 tentang pemekaran kelurahan dalam wilayah Kota Samarinda. Ditetapkan di Samarinda pada tanggal 12 Agustus tahun 2014 oleh Walikota Samarinda Bapak H. Syaharie Jaang, SH, M.Si dengan batas wilayah sebelah Utara dengan Kabupaten Kutai Kertanegara, sebelah Timur dengan Sungai Karang Mumus, sebelah Barat dengan Kelurahan Lempake dan Kelurahan Utara. ( Kelurahan pecahan dari induknya kelurahan Sungai Siring ) Berpenduduk 1.921 jiwa terdiri dari 450 kepala keluarga , memiliki 6 Rukun Tetangga (RT).
      

     Sebelum ditetapkan menjadi  Desa Budaya Pampang oleh Gubernur Kalimantan Timur Bapak HM. Ardans, SH pada tanggal 15 Juni 1991 dalam Acara Pelas Tahun dan Peresmian pemakaian Lamin di Pampang. Masyarakat Desa Pampang  telah menyelenggarakan 8 kali acara penting yang mengundang pejabat pemerintah untuk menghadiri acaranya sebagai berikut :
1. Ibadah bersama Keluarga Besar Dayak Kenyah Samarinda menyambut Natal dan Tahun Baru Hari Sabtu, 7 Januari 1984
2.Menyambut Natal dan Tahun Baru 5 Januari 1986
3. Acara Bangen Lepa Ajau 3 Juni 1989
4. Pembentukan Panitia Pembangunan Lamin Pampang 11 Juni 1989
5. Ibu Farida Ardans ke Pampang dalam rangka Bhakti Sosial Himpunan Wanita Karya (HWK ) Kaltim  pada tanggal 14 Maret 1990
6. Penyuluhan Sadar Wisata tanggal 5 Mei 1990 oleh Dinas Pariwisata Kaltim Dan Pariwisata Kota Samarinda.
7. Pemancangan Tiang Utama Lamin oleh Walikota Samarinda Bapak H. Drs. Waris Husain pada tanggal 31 Juli 1990
8. Acara Pelas Tahun Nutung Pusa Mencaq Untat , syukuran mendirikan Belawing oleh Gubernur Kalimantan Timur Bapak HM. Ardans, SH pada tanggal 15 Juni 1991.
      Sejak berdiri menjadi Desa Budaya pada tahun 1991 , telah ribuan kali tarian di rgelarkan di Pampang , disini penulis memperkenalkan dua vidio tarian populer .





Foot Note: Selengkapnya dapat di baca di dalam buku Beyond My Dream karangan Rina Laden

0 Response to "DESA BUDAYA PAMPANG"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel