Klasifikasi Macam - Macam Bisnis Ritel Modern



Rinaladen.com. Era globalisasi dan modernisasi merupakan era bisnis yang menjanjikan dimana perpaduan bisnis ritel antara produk dan jasa ditawarkan keduanya kepada konsumen. Hal ini bertujuan agar keperluan konsumsi baik pribadi maupun bersama dapat terwujud. Dimana Produsen menjual berbagai jenis produknya kepada konsumen pribadi atau kepada Ritel besar (wholesaler). Adapun sistem yang dilakukan sebelum produk itu sampai kepihak konsumen namanya adalah aktifitas supply chain.

Klasifikasi Macam – Macam Bisnis Ritel Modern meliputi ;

1.   Skala Usaha Yang Terdiri Dari :

1a.Ritel Kecil

Merupakan pengecer tradisional yang menjual produknya dalam jumlah kecil. Biasanya ritel jenis ini dibagi menjadi dua kategori yaitu kios atau pedagang kaki lima yang menetap dan ritel kecil tidak punya pangkalan atau menjual barang dengan berkeliling contohnya penjual sayuran keliling dengan menggunakan sepeda.
1b.Ritel Besar

Adalah menjual produknya dalam skala besar dengan cara diecer. Contohnya seperti supermarket, department store, general store, hyper market, dan chain store.

2.   Corporate Chain

Bisnis retail seperti ini dijalankan oleh suatu group usaha misalnya Ramayana Group, Matahari Group dan lain - lain. Corporate chain merupakan ritel yang dibangun terdiri atas dua atau lebih bisnis namun saling berkaitan. Pemiliknyapun adalah berkelompok atau beberapa individu pemegang saham.

3 Produk Marketing

Perkembangan teknologi membuat teknik marketing pun ikut berubah. Produk marketing ini selain dilakukan dalam toko juga diluar toko dengan cara menerapkan sistem jemput bola atau menemui langsung konsumennya.

4.   Menawarkan Produk Jasa dibagi Berdasarkan;


4.a. Product Retailing

Produk ini adalah jenis ritel yang menawarkan barang kebutuhan. yang menjadi empat jenis:

                 4a1. Food and Drug Retailer

Adalah menawarkan produk berupa makanan dan obat-obatan diantaranya; convenience store , combination store, pasar swalayan (supermarket) serta superdrug store.

-      Convenience store
Convenience store yaitu ritel swalayan mini yang menawarkan produk kebutuhan sehari-hari. Ritel ini biasanya buka 24 jam  dan berlokasi disekitaran tempat pemukiman penduduk contohnya seperti alfamart dan indomart

-      Combination store
Combination store adalah jenis ritel yang mirip dengan superdrug store akan tetapi lebih besar.

-      Pasar swalayan dan superdrug store

Pasar swalayan dan superdrug store adalah ritel besar. Ritel ini  menjual dalam jumlah besar dan harga yang rendah berbagai jenis makanan dan obat - obatan.

               4a2. Toko Serba Ada (Toserba/ Department Store)

Toserba merupakan perusahaan pengecer yang biasanya menjual produk pakaian, produk dan peralatan rumah tangga.

                4b. Service Retailing

Service Retailing merupakan jasa atau layanan langsung kekonsumen dan terbagi 3 jenis:

                            4b1. Owned Goods Service

Ritel yang bergerak dalam jasa perbaikan atau modifikasi barang milik konsumen. Jadi sikonsumen didatangi oleh tukang service tersebut lalu memperbaiki barang yang mau disservice dirumah pemilik barang tersebut.    Contohnya seperti perbaikan sepeda, motor, komputer dan lain - lain

                           4b2. Rented Goods Service

Jenis ritel yang bergerak dibidang menyewakan barang kemudian akan mengembalikan lagi ke tangan yang menyewakan.. Seperti misalnya sewa CD, rental mobil, sewa apartemen, dan lain - lain.

                            4b3. Non-goods Service

Non-goods Service adalah ritel yang menjual jasa personal yang bersifat tidak berbentuk produk fisik (intangible). Contonya seperti tukang cukur, pengasuh bayi, jasa supir travel, tour guide, dan lain sebagainya.

Demikian Klasifikasi Macam – Macam Bisnis Ritel Modern. Jangan lupa dishare ya agar dapat bermanfaat bagi sesama.


0 Response to "Klasifikasi Macam - Macam Bisnis Ritel Modern"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel