MASUK KOTA YERUSALEM





” Aku bersukacita ketika di katakan orang kepadaku :
 Mari kita pergi kerumah Tuhan .
Sekarang kaki kami berdiri di pintu gerbang –Mu
Hai Yerusalem . Sebagai kota yang tersambung rapat ,
Kemana suku – suku berziarah
Yakni suku – suku Tuhan ,
Untuk bersyukur kepada nama Tuhan “  MAZMUR 122 : 1- 4
      Ketika bis rombongan kami memasuki Kota Yerusalem,Tour Guide membawa kami menyanyikan sbuah kor pendek lagu  “YERUSALEM” sambil bertepuk tangan, haru rasa di hati , air mata suka cita mengalir  tanpa terbendung. 
“ Oo Yerusalem kota mulia
Hatiku rindu kesana
Tak lama lagi Tuhanku datanglah
Bawa saya masuk sana “
      Sepenggal lagu yang sering dinyanyikan di gereja menggambarkan  akan  kerinduan terhadap surga  yang  dilambangkan dengan  Yerusalem Baru  Sorga Yang Baka. Haru  dan sukacita rasa di hati , air mata kegembiraan  mengalir  tanpa terbendung.  Betapa tidak , dahulunya Yerusalem ku kenal melalui kisah kasih Tuhan Yesus kepada umat manusia yang berdosa. Sehingga Dia rela mati di salibkan demi menebus dosa saya dan saudara.  Kemudian Yerusalem ku kenal melalui siaran-siaran televise, radio  dan surat kabar karena perang yang berkepanjangan  antara Arab dan Israel seolah tak pernah berhenti bertahun –tahun lamanya dan tidak ada  damai di antara mereka.
Atas kasih dan karunia Tuhan aku telah di ijinkan dua kali memasuki kota Yerusalem , di tahun 2004 bersama rombongan Bupati Kutai Barat  dan kedua  di tahun 2008.
        Yerusalem adalah Kota Umat Pilihan Tuhan  bagi orang Yahudi, bagi Agama Kristen karena Yesus di tangkap dan di bunuh di Yerusalem , dikuburkan bangkit kembali pada hari yang ketiga dan bagi  Agama Islam kota suci sebab ada dua buah mesjid di kota ini yaitu : Mesjid Al Aqsa dan Mesjid berkubah Emas yang sering disebut juga Dome Of The Rock . Di kota itu sendiri tiga agama ini hidup rukun dan bahagia, demikianpun dengan para peziarah yang berkunjung ke kota suci ini tidak ada masalah . Setiap orang yang datang ke kota suci ini  mengerjakan  ibadahnya  sesuai dengan iman dan kepercayaannya masing-masing . Yerusalem merupakan kota terbesar dan terutama di Israel yang menjadi ibukotanya, terletak 800 meter diatas` permukaan laut.  Kota yang berdiri  megah terletak diantara gunung dan bukit di daerah  Yudea yang di gelari sebagai Ratu dari kota-kota di dunia selama 30 abad  di bagaian selatan Negara Israel . Kota inilah yang dipilih Tuhan sebagai benteng Monotheisme
       Bagi umat Krisen sedunia , di  kota inilah  Yesus pernah di elu-elukan oleh pengikut – pengikut Nya  dan kemudian dikota inilah juga Yesus di tangkap , disalibkan , mati dan di kuburkan kemudian pada hari yang ketiga Ia bangkit dari antara orang mati dan naik ke Sorga setelah 40 hari bersama murid2Nya   dari Bukit Zaitun dan duduk di sebelah kanan Allah  Bapa. 








       Perang Israel dan Palestina tidak menyurutkan niat para wisatawan dari seluruh dunia untuk berkunjung dan berziarah di kota suci yang paling populer ini. Karena mereka bukan perang agama tetapi perang untuk berebut wilayah, sehingga ketika kita berziarah kekota ini kita relative aman sebab di jaga oleh tentara Israel dan tentara Palestina .  Yerusalem kota yang banyak sekali di sebut di dalam Alkitab sampai 700 kali , adalah tempat yang sangat penting di dalam Perjanjian Lama maupun dalam Perjanjian Baru.
       Tetapi semua orang yang percaya kepada Tuhan Yesus merindukan Yerusalem Baru yang berarti  Sorga  bagi yang percaya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruselamat yang menghapus dosa manusia ,akan datang untuk yang ke dua kalinya ke Yerusalem untuk menghakimi yang hidup dan yang mati. Sejarah jatuh bangunnya Yerusalem dapat di telusuri sejak jaman batu sebelum Masehi, sampai pada pemusnahan kota itu oleh bangsa Babel , kemudian di bangun kembali oleh Nehemia . Setelah  ditaklukkan kembali oleh Iskandar Agung , Yerusalem kembali hancur lebur di bawah pendudukan Suriah dan Mesir. Selanjutnya di bangun kembali saat Sultan Otoman menguasai negeri itu selama 400  tahun di tahun 1542 , dan dinding – dinding kota yang ada sekarang merupakan peninggalan bangsa Turki tersebut.
            Raja Daud menaklukkan kota ini  dan menjadi raja , kemudian di gantikan oleh anaknya raja Salomo- Sulaiman  yang bijaksana itu sampai 40 tahun lamanya. Kota Lama Yerusalem yang di kelilingi tembok dengan delapan pintu gerbang .      
       Pada  tangal 3 Oktober 2004  pagi ini  di beri kesempatan berenang terapung  di Laut Mati , sesuatu yang sangat mengesankan di mana kita tidak akan takut tenggelam dan digigit binatang meskipun tidak bisa berenang sekalipun karena badan mengapung di atas air.  Itulah keajaiban dan keunikan dari  Laut mati yang  lain dari pada laut yang lain. Air Laut Mati penuh dengan kandungan garam yang sangat tinggi di perkirakan mencapai 30 % sehingga tidak ada mahluk hidup yang bisa hidup di dalamnya, tidak ikan tidak juga binatang lainnya.
              Tempat ini juga merupakan tempat yang terendah diseluruh permukaan bumi sekitar 420 meter di bawah permukaan laut. Orang Arab mengatakan Bahr al – Mayyit  yang artinya Laut Mati , sedangkan orang Israel menyebutnya Yam ham – Mela yang artinya Laut Garam , tapi di brosur – brosur semua menyebutnya Laut Mati .   Banyak orang mengaitkan Laut Mati dengan kota Sodom dan Gomorah yang di jungkir balikkan  di hancurkan oleh Tuhan atas dosa-dosa mereka yang luar biasa . Di situlah Tuhan menyelamatkan Lot dan keluarganya atas jawaban doa dan tawar menawar Tuhan dengan Abraham , tetapi pada akhirnya hanya Lot yang selamat karena istri yang mempunyai banyak harta menoleh ke belakang dan menjadi tiang garam .
       Konon berendam di air  garam laut mati dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit . Bahkan lumpur di laut  matipun di pakai orang Israel dan Yordania untuk bahan kosmetik  untuk di jadikan masker wajah juga dapat di oleskan di kaki atau tangan yang sakit. Bahkan mejadi bahan obat-obatan dan kecantikan.
       Meskipun terasa sangat nyaman mandi dan berenang di laut mati , tak ingin berhenti dan keluar dari air .Kamipun harus juga pergi menuju ke Qumran tempat dimana Gulungan Alkitab di temukan  oleh Gembala Beduin , namun didalam hati aku berdoa aku ingin mandi untuk kedua kalinya di sana lagi . Demikianlah Tuhan menjawab doaku sehingga di tahun 2008 , Tuhan ijinkan aku  berenang kembali di Laut Mati untuk yang kedua kalinya . Terima kasih Tuhan .
Tidak dapat disampaikan dengan kata2 betapa indah dan senangnya mengapung di Laut Mati yang penuh dengan garam.
Setelah mandi di Laut Mati atau Dead Sea , mengunjungi Bukit Zion  melihat kota Yerusalem dari Puncak , mengunjungi Rumah Imam Kayapas di mana Yesus ditahan dalam ruang bawah tanah, mengunjungi Gereja Ayam , gereja dimana  Petrus menyangkal Yesus, .....sebelum ayam berkokok ...sudah menyangkat Yesus tiga kali , kami juga mengunjungi

  
Kolam Bethesda tempat Yesus menyembuhkan orang sakit lumpuh selama 35 tahun. Yohanes 5 : 5-9.
Yesus bertanya : Maukah engkau sembuh ? Selanjutnya Yesus mengatakan : Bangunlah , angkatlah tilammu dan berjalanlah. puji Tuhan

 
Dari Bukit Zion kita dapat memandang Kota Yerusalem dengan keindahannya, di kejauhan nampak
Mejid Kubah Emas yang sering juga di sebut Dome Of The Rock. Doc. 2004

 
Gereja dengan Patung ayam yang mengingatkan tentang penyangkalan Petrus terhadap Yesus Kristus.Matius  26: 68-75.  Pada saat itu berkokoklah ayam. Maka teringatlah Petrus akan apa yang dikatakan Yesus kepadanya. Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal aku tiga kali.Lalu Petrus pergi keluar dan menangis dengan sedihnya.
Kemanapun kita pergi ketika ziarah ketempat -tempat suci, selalu aman karena di jaga oleh tentara Israel ataupun Palestina.



Ruang bawah tanah rumah Imam Kayafas di mana Yesus di tahan.Matius 26

0 Response to "MASUK KOTA YERUSALEM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel