NATAL DI BETLEHEM


   







Foto atas kami berdiri di depan air mancur dalam udara yang sangat dingin

   Betlehem adalah sebuah kota dimana Yesus Kristus di lahirkan lebih dari 2.000 tahun yang lalu , kisahnya dapat kit abaca di dalam Kitab Perjanjian Baru Matius 2: 1-2  Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada Zaman Raja Herodes, datanglah orang – orang majus dari Timur ke Yerusalem dan bertanya – tanya : “Di manakah Dia , raja orang Yahudi yang baru di lahirkan itu ? Kami telah melihat bintang – Nya  di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia.” Saat  ini Betlehem merupakan kota Komunitas Kristen Palestina yang terbesar di Timur Tengah.
      Bagiku dapat melangkahkan kaki di Betlehem Kota suci, tempat bersejarah di dalam Alkitab bagiku adalah mujizat. Puji syukur kepada Tuhan aku diijinkan datang ke Betlehem mengunjungi tempat Kelahiran Yesus Kristus dan juga Gereja Nativity . Tetapi yang membuat kesan adalah ketika kami merayakan Christmax Night di Betlehem tanggal 24 Desember tahun 2008.  Rombongan kami menuju Padang Gembala tempat Para Gembala menerima kabar tentang Kelahiran Sang Juruselamat Yesus Kristus. Ada peristiwa yang tidak menyenangkan karena ketika kami sedang merayakan ibadah Natal di Gereja Nativity yang diyakini Gua tempat Yesus dilahirkan kami di usir oleh  orang2 yang memakai jubah putih, mereka merasa bahwa ini saatnya giliran  mereka yang beribadah merayakan Natal. Apa mau dikata daripada bentrok dan akhirnya tidak merayakan Natal, kami mengalah dan melanjutkan kebaktian parayaan Malam Natal itu di luar gedung di taman dekat bundaran air mancur  yang dingin dan betul – betul di padang.
      Bethlehem terletak lima mil sebelah selatan Yerusalem , desa Palestina yang kecil ini  sudah berdiri dijaman Yudea Purba  adalah salah satu tempat tersuci dalam agama Kristen,tempat kelahiran Yesus Kristus. Dahulunya Bethlehem adalah sebuah tangsi Filistin, kemudian Rehoboam membentenginya. Termashur sebagai Kota daud , kota yang tertidur pulas saat Yusuf dan Maria tiba di sana ketika Maria mau melahirkan. Di jaman Perjanjian Lama kota ini disebut Efrata. Kelahiran Sang Mesias d Bethlehem ini sudah di nubuatkan didalam kitab  Mikha 5 : 12 “ Tetapi engkau hai Bethlehem Efrata ,hai diantara yang terkecil diantara kaum – kaum Yehuda , dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel.”
       Meskipun selalu ada ketegangan dan peperangan antara Israel dan Palestina, GEREJA NATIVITY  yang di bangun di tempat Yesus di lahirkan tetap merupakan daya tarik bagi peziarah  Kristiani dan wisatawan dari seluruh dunia. Kota ini sekarang diberi nama Arab , Bayit Lahm artinya “ Rumah Roti “.
      Setelah merayakan Natal di Betlehem yang sangat berkesan dan dingin di malam itu ,  kami mengunjungi Gereja Makam Kudus yang disebut juga Holy Sculpulre. Inilah tempat yang paling suci bagi umat Kristen dan  Katholik.
Umat Kristen percaya bahwa di tempat berdirinya gereja itu dahulunya Yesus di salibkan , mati dan di kuburkan dan bangkit dari antara orang mati. Tempat ini juga di sebut dengan Bukit Golgota , Bukit Tengkorak dan Bukit Calvary.
      Kami juga mengunjungi Taman Getsemani yang berada sedikit dibawah Bukit Zaitun dan bukit Zion. Taman ini sudah berumur ribuan tahun merupakan bukti sejarah dari perjalanan hidup dan matinya Yesus serta penghianatan terhadap-Nya. Taman Getseman adalah tempat  Yesus berdoa  bersama Para murid-Nya ( Matius 26 : 36-46)  , kemudian kami masuk dan berdoa  di dalam Gereja Segala Bangsa di sebelah Taman Church Of All Nations  (()Basillica of the Agony   di samping Taman Getzemani.Didalam gereja , suasana haru dan khusuk tidak terasa  hati terasa sedih dan hancur , air mata tidak terasa panas di pipi merasakan saat2 sunyi nan mencekam ketika Yesus ditangkap dan diadili tanpa salah. Semua demi keselamatan orang berdosa
           Taman Getzemani tempat dimana Yesus berdoa ketika Dia ditangkap .
 
                    Pohon Zaitun yang dipercayai dari Jaman Yesus
                         Gereja segala Bangsa, Church All Nations( Basilica  of the Agoni)
          Pohon ara yang  dipanjat oleh Zakeus karena mau melihat Yesus .
            Pohon ara yang diyakini dari jaman Zakeus. Lukas 19 : 1-10
 
Pohon Sesawi yang bijinya kecil2 yang menjadi perumpamaan Tuhan Yesus  didalam 
Matius 17:20 Sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja
Kamu dapat memindahkan gunung.
Puji Tuhan diberi kesempatan mendaki gunung Hermon dengan kereta gantung atau Cable Car
            
                                Mount Hermon The Highest Place in Israel. Doc  2008








           


0 Response to "NATAL DI BETLEHEM "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel